Profil

LPPM UNPATTI

HotumeseLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pattimura (Unpatti) sebagai agen pembangunan dan perubahan dalam kiprahnya diharapkan tidak hanya menempatkan penelitian sebagai kebutuhan pembangunan ilmu pengetahuan, namun diharapkan hasil-hasil penelitian dapat memberikan jalan keluar (solusi) yang aplikatif terhadap permasalahan dan berbagai krisis yang dihadapi masyarakat, di daerah – lokal dan Negara.

Dengan memahami fungsi sesuai dengan keputusan Mendiknas Nomor: 016/O/2003, dimana LPPM sebagai unsur pelaksana terutama dalam mengkoordinasi penelitian-penelitian di lingkungan Universitas Pattimura tentunya lembaga ini memiliki posisi dan peran strategis dalam memberikan konstribusinya terhadap pengembangan dan penelitian ilmu pengetahuan, percepatan pembangunan daerah/lokal, penguatan masyarakat dan mendorong daya saing Universitas Pattimura dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi melalui Dharma Penelitian.

Dengan berpedoman pada visi dan misi serta Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Pattimura yang berorientasi pada “Bina Mulia Kelautan” maka Universitas Pattimura merupakan lembaga
ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berperan dalam penelitian sebagai upaya pengembangan, pengusahaan dan pemanfaatan Iptek yang dapat memecahkan fenomena dan masalah aktual pembangunan untuk mempercepat pertumbuhan dan terwujudnya bangsa yang tangguh, unggul, mandiri dan sejahtera.

Universitas Pattimura juga merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi satu-satunya yang berorientasi dan mengutamakan gugus pulau-laut, pulau sebagai fokus pengembangan melalui
kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang produktif dan terpakai dalam menunjang pembangunan regional maupun nasional dalam memajukan kehidupan masyarakat dan budaya bangsa.

VISI DAN MISI

Visi Lembaga PPM
Universitas Pattimura adalah terwujudnya Lembaga Penelitian Universitas Pattimura yang mantap dan mandiri dalam melaksanakan kegiatan penelitian secara profesional dilingkungan Universitas Pattimura, daerah, nasional dan internasional.

Misi Lembaga PPM
adalah :

  1. Memantapkan LPPM sebagai Lembaga yang profesional dalam penanganan Penelitian.
  2. Mengembangkan penelitian yang berkualitas dalam bidang IPTEK, seni dan budaya.
  3. Memberikan konstribusi dalam memecahkan langsung permasalahan-permasalahan melalui kegiatan penelitian kebijakan.
  4. Meningkatkan kualitas dan kemampuan meneliti dari para peneliti dalam berbagai bidang ilmu, seni dan budaya.
  5. Menyelenggarakan penataan dan perbaikan sistim manajemen kelembagaan.

TUJUAN.

  1. Meningkatkan pelaksanaan penelitian IPTEK terutama penelitian terapan.
  2. Meningkatkan kemampuan peneliti dan kualitas hasil-hasil penelitian.
  3. Meningkatkan kerjasama penelitian kebijakan.
  4. Memberikan layanan informasi hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan peran dan fungsi Pusat-Pusat Studi/Kajian.
  6. Meningkatkan kinerja sumberdaya kelembagaan.

SASARAN

  1. Tercapainya peningkatan pelaksanaan penelitian oleh dosen/peneliti pada Pusat-Pusat Studi/Kajian dan Fakultas-Fakultas.
  2. Tercapainya peningkatan kemampuan peneliti dan kualitas hasil penelitian.
  3. Tercapainya peningkatan kerjasama penelitian kebijakan
  4. Tercapainya peningkatan layanan informasi hasil-hasil penelitian kepada masyarakat.
  5. Tercapainya peningkatan peran dan fungsi Pusat-Pusat Studi/Kajian
  6. Tercapainya peningakatan kinerja sumberdaya kelembagaan.

FUNGSI DAN TUGAS KELEMBAGAAN

FUNGSI:

  • Mengkordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian yang bersifat multidisiplin yang dilakukan oleh pusat penelitian/kajian
  • Memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan yang dilakukan Fakultas, Jurusan/Bagian di lingkungan Universitas Pattimura.

TUGAS:

  • Melaksanakan penelitian ilmiah murni, teknologi dan kesenian.
  • Melaksanakan penelitian ilmu pengetahuan dan kesenian tertentu untuk menunjang pengembangan ilmu.
  • Melaksanakan penelitian untuk pendidikan dan pengembangan institusi.
  • Melaksanakan penelitian ilmu pengetahuan untuk pengembangan daerah melalui kerjasama antara Perguruan Tinggi dan badan lain baik di dalam negeri maupun luar negeri.
  • Melaksanakan urusan tata usaha lembaga.

STRUKTURAL KELEMBAGAAN

  •  Struktur Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penelitian Universitas Pattimura mengacu pada Kep. MENDIKBUD No. 0170/O/1995

PUSAT PUSAT STUDI YANG ADA DAN SEMENTARA
DIRENCANAKAN

  • Pusat Penelitian Maluku
  • Pusat Penelitian HAM dan Human Traffiking
  • Pusat Penelitian Pulau-pulau kecil, pesisir dan wilayah Terluar
  • Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan SDA
  • Pusat Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Institusional
  • Pusat Penelitian Kelautan
  • Pusat Penelitian Sagu dan Umbi Umbian
  • Pusat Penelitian Bencana dan Mitigasi Adaptasi Perubahan Iklim
  • Pusat Penelitian Rempah dan Obat Obatan Bahan Dasar Alam
  • Pusat Penelitian Teknologi Pangan
  • Pusat Penelitian Perlebahan
  • Pusat Penelitian Rekayasa dan Konstruksi Inovatif
  • Pusat Penelitian Pembangunan Pedesaan
  • Pusat Penelitian Wanita dan Anak

TENAGA PENGELOLA

Tenaga Pengelola Lembaga Penelitian dan Pusat Studi/Kajian Penelitian Universitas Pattimura Masa Jabatan 2020.

TUGAS POKOK  DAN  FUNGSI BERDASARKAN STRUKTUR KELEMBAGAAN

 Pasal 1

Ketua: LPPM

1.Bertanggungjawab penuh kepada Rektor mengenai pengelolaan dan pengembangan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat sesuai kebijakan Pemerintah Pusat dan Senat Universitas;

2.Menjalankan Program Kerja LPPM sesuai pedoman DP2M DIKTI, Statuta dan Rencana Strategis Universitas Pattimura;

3.Menyusun, merencanakan, mengembangkan dan mengendalikan fasilitas dan seluruh sumberdaya LPPM sesuai aturan yang berlaku;

4.Mengkoordinasikan penyusunan program kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sejalan dengan Rencana Strategis Universitas Pattimura;

5.Menseleksi, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang akan dilaksanakan, sedang dilaksanakan, dan telah dilaksanakan oleh UPT, Pusat-Pusat Studi, Jurusan, Fakultas dan unit-unit lainnya yang relevan dengan tugas pengabdian kepada masyarakat;

6.Membantu Rektor mengkoordinasikan kegiatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di semua level akademik mulai dari tingkat Universitas, Fakultas, Jurusan, Pusat-Pusat Studi serta unit-unit lainnya yang relevan;

7.Melakukan evaluasi dan pengendalian kegiatan LPPM;

8.Menilai kinerja seluruh jajaran yang berada di bawah LPPM;

9.Menandatangani format kumulatif angka kredit dosen yang telah melaksanakan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat;

10.Memimpin rapat-rapat rutin dengan para ketua UPT dan para kasubag;

11.Mengembangkan manajemen Penelitian dan pengabdian masyarakat yang bercitra public yakni transparansi, akuntabilitas, partisipatif, efisien dan efektif;

12.Mempublikasikan dan melakukan sosialisasi kepada civita akademika tentang program LPKM;

13.Membagi tugas, memberi petunjuk, dan menilai hasil kerja bawahan;

Pasal 2
Sekretaris : LPKM
  1. Membantu mewakili     Ketua     LPPM     bila     Ketua     berhalangan menjalankan tugasnya;
  2. Membantu Ketua dalam menjalankan Program kerja LPPM
  3. Mengkoordinasi dan membina pegawai LPPM;
  4. Mengkoordinasikan pelaksaaan kegiatan pada UPT yang ada di LPPM;
  5. Mengkoordinir penyusunan     laporan     tahunan      kegiatan     dan keuangan LPPM;
  6. Mengendalikan, membina dan mengarahkan para Kasubag dan staf LPPM dalam melaksanakan tugas rutinnya;
  7. Menata dan mengkoordinasikan manajemen teknis administrasi LPPM;
  8. Menampung semua surat-surat masuk dan member paraf setiap surat keluar yang ditandatangani oleh Ketua LPPM;
  9. Mendampingi Ketua dalam memimpin rapat-rapat rutin dengan staf LPPM untuk menilai kinerja bulanan;
  10. Mendampingi Ketua LPPM dalam rapat-rapat rutin dengan jajaran Tim Ahli, para kepala UPT dan kasubag;

 

Pasal 3

Kepala Bagian Tata Usaha

 1.Menyusun rencana dan program kerja bagian dan mempersiapkan penyusunan rencana dan program kerja lembaga;
2.Menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan di bidang ketatausahaan, keuangan, kepegawaian dan Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
3.Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data ketatausahaan, keuangan, kepegawaian Lembaga Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
4.Melaksanakan penyusunan    program    Lembaga penelitian dan pengabdian   kepada masyarakat;
5.Melakukan urusan ketatausahaan;
6.Melaksanakan urusan kerumahtanggan dilingkungan LPPM;
7.Melakukan urusan pengelolaan keuangan di lingkungan LPPM;
8.Melaksanakan urusan pengelolaan barang perlengkapan ;
9.Melaksanakan urusan kepegawaian;
10.Melaksanakan urusan       administrasi        Lembaga penelitian dan pengabdian    kepada  masyarakat;
11.Melaksanakan evaluasi dan publikasi hasil pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
12.Melaksanakan penyimpanan      dokumen     dan     surat     dibidang ketatusahaan;
13.Menyusun laporan    bagian    dan    mempersiapkan     penyusunan laporan LPKM;
Pasal 4
Kepala Sub bagian Umum 
  1. Menyusun rencana     dan     program     kerja     sub     bagian     dan mempersiapkan penyusunan rencana dan program kerja Bagian;
  2. Menghimpun dan     mengkaji     peraturan     perundang-undangan dibidang ketatausahaan, keuangan, kepegawaian;
  3. Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data ketatusahaan, keuangan, kepegawaian;
  4. Melakukan urusan persuratan dan kearsipan;
  5. Melakukan pemeliharaan kebersihan, keindahan dan keamanan;
  6. Melakukan urusan penerimaan tamu pimpinan;
  7. Mempersiapkan sarana pelaksanaan rapat dinas;
  8. Melakukan urusan pengelolaan barang perlengkapan;
  9. Melakukan urusan pengelolaan keuangan;
  10. Melakukan urusan kepegawaian;
  11. Melakukan penyimpanan      dokumen      dan     surat     di     bidang ketatusahaan, keuangan dan kepegawaian;
  12. Menyusun laporan Sub Bagian dan mempersiapkan penyusunan laporan bagian;
Pasal 5
Kepala Sub Bagian Program Data dan Informasi
  1. Menyusun rencana dan program kerja subbagian;
  2. Menghimpun dan     mengkaji     peraturan     perundang-undangan dibidang pengabdian kepada masyarakat;
  3. Melakukan penyusunan        instrument        pengumpulan        dan pengolahan data;
  4. Mengumpulkan, mengolah     dan     menganalisis      data     kegiatan penelitian dan          pengabdian pada masyarakat;
  5. Mempersiapkan penyusunan       program     penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  6. Melakukan urusan    administrasi     kegiatan    penelitian dan pengabdian kepada  masyarakat;
  7. Mempersiapkan bahan    penerbitan    dan    penyebarluasan    hasil penelitian dan  pengabdian pada masyarakat;
  8. Mempersiapakan bahan penyusunan pertemuan ilmiah kegiatan penelitian dan pegangabdian pada masyarakat;
  9. Mempersiapkan bahan evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat;
  10. Melakukan urusan pengelolaan kamar data;
  11. Melakukan urusan      dokumentasi      hasil penelitian dan     pengabdian pada masyarakat;
  12. Melakukan urusan layanan informasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  13. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  14. Menyusun laporan subbagian;

————————————————————————-

KETUA:

  • Prof. Dr. Dominggus Malle, M,Sc

SEKRETARIS:

  • Prof. Dr. Melianus Salakory, M.Kes

Kepala Bagian Tata Usaha:

  • Dra. Fatma Haitam

Kasubag Data dan Informasi:

  • Anthonieta Matakupan, S.Sos

Kasubag Umum:

  • Christina Latul, S.Sos

Staff Pelaksana:

  • Novalia Beesie, S.Sos
  • Aisyah Liem
  • James Elakemaina
  • Pieter Hauhury
  • Nova Papilaya